Jumat, 28 September 2012

PERAWANNYA PANTAI PULAU TAMAJO


PERAWANNYA PANTAI PULAU TAMAJO
Penulis: Eka Novita Damayanti
            Buat saya, salah satu pantai cantik favorit saya adalah Pantai Pulau Tamajo (Temajo) di Kalimantan Barat yang tersohor karena keindahan dan kealamian alamnya. Datanglah ke sini sekitar Maret sampai dengan April atau puncak kunjungan, dengan menyewa perahu motor nelayan (sekitar Rp. 350.000,-) dari Desa Sungai Kunyit, Kabupaten Pontianak, , Kalimantan Barat, mengarungi lautan lepas sekitar empat puluh lima menit. 

http://www.kamera-digital.com/forum/viewtopic.
            Sesampainya di tujuan, pengunjung disuguhi pemandangan pantai yang perawan, laut lepas membiru dan pulau dengan latar belakang hutan dan pegunungan, Jangan takut kehabisan air bersih karena persediaan air yang melimpah di sini. Bila takut berenang di laut lepas, ada kolam renang di sekitar penginapan yang jumlahnya tak terlalu banyak di pulau ini. Air kolam renang dialirkan langsung dari pegunugan d belakang pulau. 


http://adhikusumaputra.wordpress.com/2007/02/17/pulau-temajo-keindahan-yang-menunggu-sentuhan/
Malam hari, kita bisa duduk-duduk di pasir pantai sambil memanggang ikan atau udang segar yang langsung dibeli dari nelayan. Masih pula bisa memandang langit bertabur bintang dan lampu petromax nelayan yang ibarat kunang-kunang di kejauhan.

Selain beraktifitas di pantai dan sekitarnya, pengunjung juga bisa menyewa perahu nelayan untuk mancing di laut lepas. Nelayan dengan senang hati menunjukkan titik-titik mana saja yang ikannya banyak. Sayang akses ke sana tak terlalu banyak alias masih mengandalkan menyewa perahu nelayan dan penginapan di pulau ini pun masih terbatas. Belum banyak perhatian dari pemerintah daerah Kalimantan Barat maupun para investor untuk mengelola potensi pariwisata alam ini lebih maksimal lagi. Pokoknya, bagi mereka yang mencintai ketenangan dan keindahan alamiah seperti saya, Pantai Pulau Tamajo (Temajo) adalah tempatnya.

2 komentar:

  1. wahh, bagus dan keren sekali tempat pulau niiih.. salam dari wak diseberang yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulllah Wak. Salam juga ya dari aku. Sukses selalu buat Wak

      Hapus